UAS Komunikasi Politik
UAS Komunikasi Politik
Rancang analisis strategi kampanye politik dari Ganjar Pranowo pada pilkada
2018 yang berisi:
a.
Analisis Situasi internal dan eksternal
Analisis internal terdiri dari:
·
Profil (secara narasi),dan SWOT kandidat
Analisis Eksternal terdiri dari:
Analisa Publik:
·
Customer-> target utama (misal berapa kabupaten dengan populasi
terbanyak di jawa Tengah)
·
Enabler -> institusi terkait dengan kinerjanya sebagai Gubernur (entah
institusi formal, informal, misal DPRD jateng, rumahsakit untuk program
kesehatan, dsb)
·
Limiter : Kekuatan dan kelemahan pesaing (misal Sudirman Said)
STP (segmenting, targeting, positioning)
·
Segmentasi: Target secara keseluruhan (mirip customer dalam
analisa publik)
·
Targeting: Target utama secara spesifik
(misal dari 20 kabupaten kota, yang utama daerah Kota besar, dengan komposisi
utama anak muda/kaum produktif, pensiunan dengan alasan misal pemilih pemula
mudah diarahkan pilihan dan simpatinya atau pensiunan karena berpengalaman
secara politik, atau kaum produktif yang dapat mempengaruhi sekitarnya)
·
Positioning: merupakan penilaian
masyarakat selama ini soal Ganjar, apakah populer, berkinerja baik/buruk,
karakter di masyarakat dan partai
b.
Riset dan Identifikasi Masalah
Berikan pertanyaan kepada minimal 10 orang terkait popularitas, kinerja dan
karakter Ganjar. Setelah ditemukan apakah Ganjar populer/tidak, kinerjanya
dimata masyarakat baik/tidak, apakah ada kasus yang menjerat Ganjar dan
mempengaruhi citranya atau tidak.
Paparkan hasilnya, ternyata masalah Ganjar adalah Kurang populer, atau yang
lainnya
c. Goals, objective dan taktik
Sehingga goalsnya adalah
memperbaiki citra atau memperkenalkan diri Ganjar, atau masalah apapun yang terjawab dari identifikasi masalah
Objective adalah Goals dengan
tolok ukur, misal “Agar Ganjar dikenal 70% atau 1.400.000 calon pemilih suara
di Jawa Tengah
Taktik adalah program menggunakan pendekatan
formal/informal/media
Misal pendekatannya :
a. Pendekatan informal
(Bulan januari-Februari) ke 5 Pasar Besar di Kota Semarang (pasar Bulu),
Kabupaten Semarang (Pasar Bandarjo), Kota Surakarta (Pasar Klewer)
Tujuan: menjalin interaksi dengan warga
agar mereka merasa dekat dengan calon pemimpinnya
Strategi memberikan kesan ramah kepada
masyarakat
b.
Pendekatan Formal: Melanjutkan program ganjar mengajar (namun fokus ke
kelas2 SMA dan SMK), menggelar kompetisi pensi
Tujuan menjaring suara pemilih pemula,
Workshop topik tertentu ke Mahasiswa
Pelatihan pendidikan informal bagi kaum
apa, entah petani, kaum ibu, dsb
c.
Pendekatan media:
Lihat pola penggunaan media masyarakat
Jawa Tengah,
Pemberitaan Ganjar
Bisa menggunakan media yang sudah dekat
dengan Ganjar untuk minta diundang sebagai pembicara
Atau menggunakan media massa yang paling
banyak dikonsumsi warga Jateng (misal Koran- koran lokal/nasional, spesifik
namanya) (atau radio apa yang memilik pendengar terbanyak di Jawa Tengah, bikin
program apa)
Sosial media bisa digunakan atau tidak?
Akun Ganjar banyak pengikutnya atau tidak
d. Evaluasi
Alat yang digunakan untuk mengukur keberhasilan dari objective misal dikenal
70% calon pemilih, tahunya dari mana?
Apakah quick poll?
Survey?
Survey populer via portal berita online?
Atau wawancara di area kampanye langsung?
Atau lainnya?
Komentar
Posting Komentar