Bagaimana Sebuah Ruang Kerja Digital Dapat Mendorong Inovasi

Bagaimana Sebuah Ruang Kerja Digital Dapat Mendorong Inovasi

Di dunia digital, karyawan yang terlibat dapat mendukung inovasi menggunakan alat generasi baru yang memanfaatkan sains perilaku dan banyak lagi. Hal ini mendorong perlunya sebuah ruang kerja digital yang dapat memperingkas alur inovasi.
ruang kerja digital untuk percepat inovasi
Sebagian besar aplikasi bisnis diartikan sebagai suatu proses yang perlu dijalankan secara efisien dan lancar. Selain itu, aplikasi bisnis dirancang untuk memenuhi persyaratan tersebut. Tapi, dalam ekonomi digital saat ini, seringkali tidak hanya proses yang efisien, tapi juga inovasi. Hal ini memberikan gagasan besar berikutnya yang sangat penting bagi perusahaan agar tetap bertahan atau menjadi pemimpin pasar.
Bagaimana, kemudian, apakah mengantarkan pekerjaan baru ini ke dalam tempat kerja? Secara sederhana, ini berarti semakin banyak perusahaan saat ini melihat:
  • Mengembangkan pendekatan, layanan dan produk baru (dan gagal cepat);
  • Sumber keterampilan baru dan melibatkan karyawan dalam tantangan terakhir;
  • Mendapatkan proyek kecil yang inovatif dan berjalan dengan cepat;
  • Sepenuhnya menangkap kekayaan intelektual yang dihasilkan.

Selamat datang di ruang kerja digital

Ada cukup banyak hal untuk dibahas dalam topik ruang kerja digital. Ruang kerja digital merupakan kelompok area yang mengalami perubahan dramatis di ruang kerja pada tahun 2017. Bahkan masih banyak bahasan untuk masalah “ketangkasan digital”, sebab hanya beberapa perusahaan yang implementasikan “digital agility” secara serius sejauh ini.
Perusahaan menginginkan kolaborasi yang lebih baik, kemampuan analisis yang lebih baik, dan mereka ingin menjadi lebih gesit. . Meskipun hal ini dimungkinkan untuk dilakukan dengan perangkat lunak perkantoran seperti Microsoft 365 atau G Suite atau Workday, ada baiknya melihat alat yang lain juga.
Kita dapat menyoroti bagaimana berbagi pengetahuan, misalnya, diaktifkan dalam istilah digital untuk “mendemokratisasi inovasi dengan menerapkan platform yang membawa semua karakteristik ke dalam arena pembuatan ide dan inovasi”.
Alat seperti Solverboard bertujuan khusus untuk menuangkan ide-ide dan berkolaborasi untuk menajamkan ide tersebut. Sementara yang lain, Talking Circles, mencoba memecahkan salah satu masalah besar dalam bisnis – siapa lagi di sebuah organisasi yang memiliki keahlian untuk mendukung proyek tertentu?”

Seberapa jauh kita mengetahui ruang kerja digital ini?

Masih banyak jalan yang tersisa untuk dilalui, kata Kain. Ketika Gartner mengamati komunitas pengguna korporatnya yang besar dan berpikiran inovatif, sekitar satu dari tujuh orang mendorong ketangkasan digital, dengan ketertarikan lain menunjukkan ketiga hal itu.
Tapi syarat dan kondisi juga ada agar perubahan bisa terjadi dengan cepat: model bisnis berubah, dan cara kerja yang dilakukan dalam bisnis saat ini berubah dimanapun Anda melihatnya.
Selain itu, begitu Anda membangkitkan kesadaran dan pemahaman tentang sains perilaku dan cara mengubah cara perusahaan berhubungan dengan pekerjanya dan menentukan misi mereka, menjadi sulit untuk tidak membayangkan adanya pergeseran ke arah ini.
Hal lain adalah bahwa alat-alat ini ada di lingkungan cloud dan diperbaiki terus-menerus. Jadi Anda mendapatkan perubahan terus-menerus. Ditambah lagi, didukung oleh perubahan lain, seperti pembelajaran terus berlanjut.
Bagi korporasi yang lebih besar, tantangan inovasi dan transformasi pengetahuan serta keahlian adalah menerapkan model yang benar-benar bekerja dalam budaya dan sistem yang ada. Bagaimana, misalnya, apakah Anda mendapatkan proyek paling berkualitas paling sedikit dari kebanyakan orang?
Ini membutuhkan sebuah cara untuk mencairkan tantangan dan untuk mendemokratisasikan inovasi yang benar-benar bekerja untuk bisnis. Ruang kerja digital merupakan solusi untuk hal ini dan dapat melepaskan diri dari silo (pembatas/penyekat) di dalam organisasi.
jasa bikin website mobile friendly di Jakarta

Solverboard sebagai ruang kerja digital

Secara umum, Solverboard digunakan dalam tiga cara:
  • untuk manajemen gagasan,
  • gagasan crowdsourced, dan
  • sebagai alat keterlibatan karyawan.
Platform ini memberikan semua kelebihan ini. Jika Anda cukup berani sebagai organisasi untuk meminta bantuan dalam membuat alur kerja yang lebih baik, keuntungan bersihnya bisa menjadi gagasan cemerlang dan memberikan inovasi tertentu lebih cepat daripada yang Anda inginkan.
Widdows mengatakan bahwa ini bekerja paling baik bila untaian inovasi adalah bagian dari program perubahan yang lebih luas – di mana klien sudah setengah jalan di sana dengan pekerjaan ini dan memiliki tantangan untuk dipecahkan. “Dengan kata lain, kita bisa melihatnya bekerja paling baik bila klien kita tidak hanya ingin berbicara, tapi ingin tindakan.”

Studi Kasus Inovasi Crowdsourced

Untuk lingkup yang lebih kecil, satu pendekatan khas adalah yang dilakukan oleh praktik kesehatan di London. Mereka mengidentifikasi 12 tantangan yang dihadapi bisnis dan mencoba menempatkan tantangan di atas sebuah platform untuk ditangani secara kolektif. Sekitar 50 orang terlibat dan aktif untuk ini, berbagi dan menampilkan gagasan yang akan segera mendorong proyek-proyek inovasi yang membangun.
Contoh lainnya, Team Sky, yang telah menjadi buah bibir untuk inovasi di balik kebangkitan dramatisnya menuju kesuksesan, terutama di Tour de France. Mereka mengatakan bahwa, inovasi sama dengan perbaikan terus-menerus.
Tapi sementara imperatif inovasi tertanam dalam budaya di Team Sky, dan banyak peningkatan tambahan akan bersumber dari kebutuhan tim yang bekerja di lapangan, mereka juga meluncurkan sebuah proyek dengan tim pemasaran untuk menjangkau penggemar dan ide baru dari crowdsource.
Dengan menggunakan Solverboard, Team Sky menyiapkan tantangan keterlibatan penggemar untuk berjalan selama 12 bulan sebagai bukti konsep. Cara ini menghasilkan lebih dari 300 saran dari penggemar dalam jangka waktu singkat, yang sekitar sepertiganya layak untuk diselidiki dan berpotensi sebagai “pemenang” untuk diambil sebagai proyek.
Tim Sky saat ini sedang menjajaki proyek dari saran tersebut. Ini termasuk hub konten yang dibuat penggemar yang dikelola oleh Team Sky namun bergantung pada pengguna untuk konten dan percakapannya.
Tahap kedua dari pekerjaan ini belum ditandatangani. Tantangan teknis lebih banyak berada dalam jalur pipa, yang dirancang untuk menemukan penggemar inovatif yang secara teori dapat bergabung dengan tim inovasi dan ideasi virtual.
Detailnya sedang tahap penyelesaian, tapi potensi atas keterlibatan dapat menguntungkan finansial atau membangun kesempatan untuk mewujudkan sesuatu, dengan semacam elemen bagi hasil. Dengan proyek seperti ini, Anda harus mendapatkan hak dan menawarkan sesuatu yang bernilai. Individu akan selalu merespon dengan baik untuk terlibat dan mendengarkan – dan ini adalah pergeseran budaya yang harus dipeluk oleh banyak perusahaan.

Inovasi, berbagi pengetahuan, kekayaan intelektual

Contoh terbaru lain tentang bagaimana berbagi pengetahuan dalam sebuah ruang kerja digital dapat mendorong proyek dan inovasi dalam bisnis berasal dari perusahaan perbaikan kaca mobil Carglass France. Mereka menggunakan teknologi berbagi pengetahuan untuk mendistribusikan keahlian di antara 3.000 karyawan.
Unit Prancis Belron International berhasil mengadopsi Talking Circles pada tahun 2017. Ini merupakan alat kolaborasi yang memfasilitasi kesempatan berbagi pengetahuan yang kreatif dan terarah antara rekan kerja secara real time. Dalam prosesnya, Carglass mengatakan bahwa pihaknya segera memperluas pengetahuannya yang tersedia, dengan lebih dari 100 permintaan keterampilan diajukan terhadap 200 keterampilan unik yang ditawarkan dalam dua minggu setelah platform berjalan.
Tetapi ada juga kesempatan lain di tempat ini, yang duduk di samping proyek pengetahuan dan eksplorasi keahlian. Secara khusus, kesempatan ini berguna untuk membawa berbagi pengetahuan dalam menghasilkan proyek-proyek untuk memperkuat nilai residu dan intelektual perusahaan.
Dom Moorhouse adalah perusahaan yang bergerak dalam bisnis konsultasi pada tahun 2008. Baru-baru ini, perusahaan tersebut meluncurkan alat kolaborasi yang disebut Method Grid dalam versi beta publik. Ini difokuskan pada pengiriman berbasis tim untuk memastikan individu dalam sebuah organisasi bekerja dengan standar yang sama dengan memperbaiki titik referensi yang terus meningkat dan terpusat.
Platform tersebut sangat berguna bagi perusahaan. Mereka kini dapat dengan mudah merancang dan membangun metodologi layanan dan prosedur operasi internal.
Metode Grid juga benar-benar memungkinkan kolaborasi berbasis pengetahuan di tim atau perusahaan yang lebih besar, di mana setiap artefak pengetahuan.

Penggunaan Ruang Kerja Digital Pada Perusahaan SaaS bernama “Footdown”

Satu perusahaan yang telah meletakkan Grid Metode untuk bekerja adalah Footdown. Mereka dalah sebuah perusahaan layanan perangkat lunak yang membantu organisasi dalam meningkatkan kinerja.
Melalui platform intelijen, mereka memungkinkan para pemimpin di seluruh dunia untuk meningkatkan kinerja, baik individu, tim atau organisasi.
Metode Grid jelas cocok untuk Footdown dan keseluruhan etosnya, namun Jenkins mengatakan kecepatan dan kesederhanaan aplikasinya terhadap latihan berbagi pengetahuan Footdown secara internal telah membuka mata.
Platform ruang kerja digital tersebut telah memecahkan masalah mereka dengan cepat. Anda dapat mengumpulkan informasi dan dokumen penting di platform seperti Sharepoint [Microsoft], namun metode pemetaan Grid ke badan kerja yang ada telah mempermudah pembuatan satu tujuan secara internal. Inilah titik dimana ruang kerja digital memungkinkan kolaborasi.

Tujuh langkah untuk memberdayakan individu dan merangkul inovasi:

  • Pekerjaan bukan lagi masalah tempat.
  • Mengelola hasilnya, bukan prosesnya.
  • Ruang kerja digital seharusnya menyenangkan untuk digunakan.
  • Belajar itu baik untuk individu dan perusahaan.
  • Semuanya harus diarahkan untuk membantu individu melakukan pekerjaan yang penting.
  • Hubungan kerja membutuhkan saling pengertian.
  • Kolaborasi hanya bekerja dengan cara kerja yang disepakati.
Pada akhir pekan tunggal, Footdown mampu membangun enam “grid” pengetahuan yang merupakan masterfiles efektif secara internal dan berpotensi memiliki aplikasi untuk klien baru dan yang sudah ada.
Ini semua tentang performa kinerja tinggi. Jadi, alat kolaborasi di ruang kerja digital sangat mengasyikkan di beberapa tingkatan. Ha tersebut dapat membantu pekerjaan secara internal dan memiliki potensi untuk penggunaan yang lebih luas, membantu orang lain.

Contoh Ruang Kerja Digital Untuk Dinas Pemerintahan di Indonesia

Seperti yang telah kita pahami, ruang kerja digital lebih pada merupakan alat untuk berkolaborasi untuk memecahkan masalah dan menghasilkan terobosan baru atau inovasi. Misal, pada dinas pariwisata Indonesia dan pemerintah provinsi, mereka dapat menggunakan sebuah peta interaktif yang memungkinkan kolaborasi dan dilengkapi dengan fungsi tagging untuk pengolahan data.
Dengan memiliki alat kolaborasi, seluruh tim dapat bekerja dan berkomunkasi secara optimal. Ini merupakan konsep DevOps, dimana silo atau penghambat di hilangkan, untuk mempercepat kinerja.
Selain WEB GIS, dinas pemerintahan di Indonesia juga dapat menggunakan alat-alat lain untuk memperlancar komunikasi dan memperingkas alur proses. Dengan demikian, tim pemerintahan dapat memunculkan layanan-layanan baru yang membanguin dan bermanfaat bagi masyarakat Indonesia.

10 Tips Cara Menjaga Keamanan Jaringan Komputer di Kantor

Tips ini menawarkan cara untuk menjaga keamanan jaringan komputer di kantor Anda tanpa menghabiskan banyak waktu dan uang. Mempertahankan bisnis kecil atau jaringan rumah yang aman tidaklah mudah. Bahkan untuk yang sudah berpengalaman di dunia IT, masih memerlukan waktu dan energi untuk menjaga keamanan jaringan.

10 Tips Keamanan Jaringan Komputer Kantor

10 tips menjaga keamanan jaringan komputer perkantoran
Berikut 10 langkah paling penting yang dapat Anda lakukan untuk mencegah data Anda berakhir di tempat lain.
  1. Gunakan enkripsi pada titik akses nirkabel Anda (AP).

    Banyak survei yang telah menemukan setengah atau lebih dari semua jaringan nirkabel terbuka lebar. Hal ini menjadikan keamanan terbuka bagi siapa saja untuk mengumpulkan semua lalu lintas dan mungkin merekam informasi sensitif Anda. Beberapa orang menjaga keamanan jaringan komputer mereka dengan mengacak dengan mengunci alamat MAC. Tapi, cara ini akan lebih sulit ketimbang menggunakan enkripsi WPA2. WPA2 jauh lebih baik daripada metode enkripsi lainnya yang lebih mudah dipecahkan.
  2. Jika Anda memiliki jaringan nirkabel, pastikan untuk menyembunyikan SSID (service set identifier) ​​Anda, atau setidaknya mengganti namanya menjadi sesuatu yang biasa.

    Semua router nirkabel (Wi-Fi SSID) harus memiliki ID yang tidak terlihat. Alih-alih memasukkan informasi nyata apa pun yang dapat memperjelas siapa pemilik router atau yang dapat membocorkan lokasi atau nama bisnis Anda, seperti “Markas TNI, di sini di lantai 4” atau nama produk seperti “Silver Queen” gunakan sesuatu yang tidak berbahaya seperti “wireless” atau “router1” yang tidak memberikan informasi apapun yang sangat penting. Di apartemen di Jakarta, banyak yang menggunakan nomor apartemen mereka untuk ID mereka, sehingga sangat mudah untuk mengetahui router siapa yang berada dimana.

    3. Jika router Anda (kabel atau nirkabel) memiliki antarmuka manajemen Web, nonaktifkan akses dari jaringan luar.

    Dan ganti password default admin (password awal perangkat). Sebagian besar router memiliki kemampuan untuk melakukan keduanya dengan cukup mudah. Anda tidak ingin ada orang lain masuk dan mengubah pengaturan Anda atau membaca file log Anda. Kini, banyak aplikasi yang bahkan dapat digunakan anak sekolah dasar untuk mengetahui password Wi-Fi. Jika seseorang bisa sampai masuk ke alamat IP router anda maka keamanan jaringan komputer kantor Anda sedang dalam keadaan beresiko.

    4. Pastikan semua PC Anda menggunakan perangkat lunak antivirus dan jika Anda menggunakan Windows, tambahkan perlindungan antispyware.

    Periksa untuk memastikan bahwa semua antivirus Anda saat ini berjalan dan update terutama untuk definisi virus. Apa pun yang kedaluwarsa tidak berguna.

    5. Jika Anda menjalankan server Web di LAN Anda, taruh di DMZ. Jika router Anda tidak memiliki DMZ, dapatkan router baru.

    Lebih baik lagi, pindah ke fasilitas colocation server dimana Anda dapat layanan dari pihak profesional dan berpengalaman diatas infrastruktur skala tinggi. Memiliki server Web lokal Anda sendiri terdengar seperti ide bagus, namun merupakan lubang keamanan yang nyata.

    6. Jika ada Server Web di Internet, Anda harus memindai secara teratur untuk memanfaatkannya.

    Ada banyak situs yang bisa melakukan ini, dua favorit saya adalah SPIdynamics.com dan Qualys.com. Juga, pastikan untuk melacak pendaftaran domain Anda dan mengubah semua password akses Anda secara teratur. Jika Anda memperbarui konten Web Anda, jangan gunakan alat pembuatan halaman Web FTP atau Microsoft, FrontPage; Sebagai gantinya, cari metode yang lebih aman yang tidak mengirim password akses Anda secara jelas. Anda dapat mempelajari cara lain untuk melindungi situs Web Anda di OWASP.org.

    7. Manfaatkan pilihan tambahan dari ISP Anda

    Terkadang ISP memiliki layanan tambahan yang dapat menjaga keamanan jaringan komputer perkantoran. Gunakan VPN (virtual private network) untuk akses kembali ke LAN lokal atau server Web jarak jauh Anda. Ada banyak pilihan, mulai dari OpenVPN.net gratis hingga yang murah dan dapat diandalkan seperti dari SonicWall dan Fortinet, yang dirancang untuk pemilik usaha kecil.

    8. Nonaktifkan “file / print sharing” pada segala hal selain file server anda.

    Anda tidak memerlukannya di setiap desktop, dan itu hanya menyebabkan lebih banyak kerentanan. Hal ini sangat penting bagi pengguna laptop: Anda tidak ingin menyiarkan keseluruhan sistem file Anda ke semua orang di sekitar Anda di bandara atau hotel, yang merupakan sesuatu yang sering dapat kita lihat saat melakukan perjalanan dan memeriksa saham di jaringan terbuka.

    9. Gunakan enkripsi pada semua laptop.

    Anda tidak pernah tahu kapan seseorang akan mencuri data Anda atau masuk ke kamar atau hotel Anda dan mencuri laptop. Gunakan selalu aplikasi enkripsi untuk hard-disk laptop anda dan USB external drive yang lebih modern.

    10. Mulailah melakukan backup secara teratur sekarang.

    Paling tidak mulai dengan membuat salinan data penting Anda. Data penting dapat berisi data bisnis dan pelanggan. Kemudian pastikan Anda “mengunci” file pribadi Anda, seperti foto keluarga dan sejenisnya. Anda dapat menggunakan hardisk eksternal, DVD, atau menggunakan cloud backup storage. Jika terjadi sesuatu seperti serangan ransomware atau petya, Anda dapat memulihkan seluruh data penting di cadangan data. Jika tidak ada backup, tentunya anda akan kehilangan data.

Sekarang, ada banyak pilihan untuk menjaga keamanan jaringan komputer di kantor yang akan membuat Anda tenang dan membuat lebih sulit bagi para penerobos. Namun, 10 item tersebut mudah diterapkan, tidak memerlukan banyak biaya dalam hal waktu dan uang Anda.
10 tips diatas dapat memberikan keamanan jaringan komputer yang besar di kantor anda. Jika anda memiliki lingkungan multi jaringan (LAN dan WAN) anda dapat mengandalkan konsultan IT di Jakarta untuk mengelola keamanan jaringan anda.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MAKALAH IMPLEMENTASI STRATEGI

Pertempuran Permulaan

PROSES PRODUKSI DEPARTEMENT SPINNING IV